4 Tanaman Ini Dapat Menghindari Kau Dari Gigitan Nyamuk

Teman Sehat, dalam rangka memperingati Hari Malaria Sedunia, World Health Organization (WHO) mengajak kau untuk sama-sama mencegah penyakit malaria yang dimulai dari diri diri sendiri atau Zero Malaria Start with Me. Kira-kira apa ya, yang bisa kau lakukan dalam mencegah penyakit ini?


Menurut buku saku yang diterbitkan oleh Kemenkes, penyakit ini disebabkan oleh benalu Plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles. Nah, kau bisa mulai mencegahnya dengan mengusir nyamuk yang ada di lingkungan sekitar dengan cara menanam 4 flora ini. Mau tahu apa aja tanamannya? Yuk, simak! Lets’ check it out!


1. Lemon Eucalyptus


 dalam rangka memperingati Hari Malaria Sedunia 4 Tanaman ini bisa Menghindari Kamu dari Gigitan Nyamuk


Daun dan batang pada tanaman ini, banyak dipakai sebagai bahan dasar pembutan minyak untuk mengurangi gangguan dari gigitan nyamuk. Zat aktif alami yang terkandung di dalam flora ini, yaitu PMD (para-methane-3,8-diol) bermanfaat untuk mengusir nyamuk, yang setara dengan zat kimia DEET yang biasa dipakai sebagai zat aktif pengusir serangga yang telah diakui oleh CDC (Center for Disease Control and  Prevention). Kamu bisa memanfaatkan flora ini dalam keadaan utuh atau diolah menjadi minyak untuk menghindari gangguan, lantaran aroma zat aktifnya ngga disukai oleh nyamuk.


2. Lavender


 dalam rangka memperingati Hari Malaria Sedunia 4 Tanaman ini bisa Menghindari Kamu dari Gigitan Nyamuk


Siapa yang ngga kenal dengan flora herbal berwana ungu ini. Yap, selain bermanfaat sebagai aroma terapi yang bisa menciptakan badan kau rileks, flora ini juga bisa menghindari kau dari gigitan nyamuk, loh! Kandungan zat aktif linalool yang terkadung pada flora ini, sanggup dipakai untuk mengontrol gangguan nyamuk yang berada di luar maupun di dalam ruangan. Selain dipakai sebagai pengusir nyamuk, flora ini juga elok loh dipakai sebagai pajangan pada rumah kamu.


3. Kecombrang


 dalam rangka memperingati Hari Malaria Sedunia 4 Tanaman ini bisa Menghindari Kamu dari Gigitan Nyamuk


Biasanya kau memakai materi ini sebagai bumbu masakan, ibarat sambal matah khas kawasan Bali. Tapi ternyata, flora ini juga bisa mengusir nyamuk dari sekitar kamu, loh! Seperti yang dilansir oleh Mosquito Control, flora ini lebih efektif untuk mengusir nyamuk, dibandingkan dengan materi kimia yang dipakai sebagai materi pelengkap produk penguri nyamuk. Menurut penelitian yang dilakukan di Thailand, zat aktif yang terkandung pada flora ini, yaitu vetiverol  dan isolongifolene bisa menghambat nyamuk yang ingin mengganggu kamu.



4. Geranium (Pelargonium citrosum ‘Van Leenii’)


 dalam rangka memperingati Hari Malaria Sedunia 4 Tanaman ini bisa Menghindari Kamu dari Gigitan Nyamuk


Pasti kau udah ngga absurd lagi dengan flora yang satu ini. Yap, selain lavender, flora ini banyak dipakai sebagai materi pelengkap pada lotion anti nyamuk. Tanaman ini dikenal dengan nama Citrosa atau Citronella Geranium. Zat aktif  yang terdapat pada flora ini yaitu citronelal yang aromanya bisa menghalangi nyamuk untuk mendekati sasaran makanannya. Selain bisa dimanfaatkan dalam bentuk minyak, flora ini juga bisa mempercantik halaman rumah kamu, loh!


Nah, itulah beberapa flora yang bisa kau manfaatkan sebagai materi alami untuk mengusir nyamuk. Selain bermanfaat sebagai pengusir nyamuk, flora ini juga bisa mempercantik halaman dan rumah kamu, loh Teman Sehat! So, yuk mulai jaga lingkungan sekitar kau akan terhindar dari penyakit malaria, lantaran jikalau bukan kita siapa lagi? Jangan luoa bagikan artikel ini ke orang terdekat kau dan berikan komentar di bawah ini, ya!


Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "4 Tanaman Ini Dapat Menghindari Kau Dari Gigitan Nyamuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel