Posyandu, 5 Momen Berikut Ngga Akan Pernah Terlupakan!

Halo Teman Sehat! Apakah usia balita mu pernah diisi dengan memori-memori seru ke posyandu? Posyandu merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang disediakan pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Nah, setiap tanggal 29 April diperingati sebagai Hari Posyandu Nasional loh!


 Apakah usia balita mu pernah diisi dengan memori Posyandu, 5 Momen Berikut Ngga Akan Pernah Terlupakan!



Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat biar sanggup menawarkan pelayanan kesehatan dasar serta mendukung aktivitas perbaikan gizi masyarakat.



Nah, ada banyak momen menarik dan hal-hal seru yang bakal mengingatkan kau dengan posyandu. Apa aja?



  1. Buku legendaris “KMS”


Buku dengan sampul pink yang didalamnya berisi grafik pertumbuhan dan perkembangan ialah hal wajib yang harus dibawa dikala berkunjung ke posyandu. Buku ini dipakai untuk mencatat aneka macam hal yang berkaitan dengan kegiatan posyandu si kecil, menyerupai riwayat dan aktivitas imunisasi, pemantauan berat dan tinggi badan, serta riwayat kesehatan lainnya.



  1. Ke posyandu untuk di suntik


 Apakah usia balita mu pernah diisi dengan memori Posyandu, 5 Momen Berikut Ngga Akan Pernah Terlupakan!


Pada dasarnya posyandu memiliki lima kegiatan utama yaitu kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, gizi, serta pencegahan dan penanggulangan diare. Imunisasi ialah salah satu kegiatan yang paling ditakuti oleh balita sekaligus dicemaskan si ibu alasannya ialah biasanya si kecil akan ‘rewel’ sesudah disuntik. Tapi, imunisasi ialah langkah pencegahan terbaik untuk melindungi si kecil dari aneka macam macam penyakit.



  1. Timbangan legendaris “Dacin”


Timbangan yang digantungkan dengan seutas tali di tengah-tengah pintu, diberi kain, serta dioperasikan secara manual ialah hal legendaris yang menjadi icon posyandu. Sayangnya, benda yang satu ini seolah menjadi hal yang angker bagi si kecil, ngga sedikit yang menolak dan menangis untuk ditimbang.



  1. Bubur kacang ijo


 Apakah usia balita mu pernah diisi dengan memori Posyandu, 5 Momen Berikut Ngga Akan Pernah Terlupakan!


Pemberian makanan tambahan menjadi salah satu hal wajib dalam kegiatan posyandu. Bubur kacang ijo paling sering diberikan sehingga niscaya banyak yang bilang “kalau ke posyandu niscaya bakalan sanggup bubur kacang ijo”. Bubur kacang ijo merupakan snacks pada gizi yang diperlukan sanggup menunjang status gizi balita yang berkunjung ke posyandu.



  1. Kapsul merah dan biru


Pada bulan Februari dan Agustus posyandu lebih ramai dari biasanya, ngga cuma diisi oleh balita tapi juga orang dewasa. Bulan ini dikenal dengan bulan suplementasi vitamin A. kapsul berwarna biru (kandungan 100.000 IU vitamin A) diberikan kepada bayi 6-11 bulan dan kapsul berwarna merah (kandungan 200.000 IU vitamin A) diberikan pada anak 12-59 bulan serta ibu dalam masa nifas. Apakah kau suka lari-larian dikala akan ditetesi kapsul vitamin A?


Dari momen-momen di atas kita jadi tahu betapa pentingnya tugas posyandu dalam menunjang kesehatan ibu dan anak. Posyandu juga menjadi wadah bantuan eksklusif bagi masyarakat dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Nah, jikalau kau apa aja momen-momen yang ngga sanggup dilupakan dari posyandu?


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Posyandu, 5 Momen Berikut Ngga Akan Pernah Terlupakan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel