Kebiasaan Berikut Dapat Meruntuhkan Kekuatan Tulangmu

Halo Teman Sehat! Punya tulang yang sehat dan kuat merupakan anugerah sekaligus investasi di hari tua. Apakah kau udah terbiasa memperhatikan kesehatan tulangmu? Sayangnya, banyak sekali orang yang belum sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tulang. Hal ini terbukti dengan gaya hidup yang justru menciptakan kesehatan tulang menjadi terganggu.


 Punya tulang yang sehat dan kuat merupakan anugerah sekaligus investasi di hari renta Kebiasaan Berikut Bisa Meruntuhkan Kekuatan Tulangmu


Nah, apa aja sih kebiasaan yang justru menawarkan dampak jelek bagi tulang? Yuk, cek klarifikasi di bawah ini!


1. Mageran


Hidup aktif merupakan salah satu kunci untuk kesehatan tulang. Aktif bergerak ngga hanya anggun untuk kekuatan otot serta kesehatan jantung dan pembuluh darah, tetapi juga efektif untuk menguatkan tulang. Nah, kebalikannya yaitu gaya hidup sedentari alias sedikit bergerak yang terbukti menjadi faktor risiko obesitas, osteoporosis, serta banyak sekali penyakit tidak menular.


Kita dianjurkan untuk melaksanakan acara fisik setidaknya 150 menit dalam seminggu yang tersebar setidaknya dalam 5-3 hari. Aktivitas fisik ini ngga sebatas olahraga aja, tapi kegiatan menyerupai jalan kaki, berkebun, membersihkan rumah, juga bisa diketegorikan sebagai acara fisik. Jadi, ngga ada alasan buat mager-mageran lagi ya, Teman Sehat!


2. Suka minum-minuman bersoda


 Punya tulang yang sehat dan kuat merupakan anugerah sekaligus investasi di hari renta Kebiasaan Berikut Bisa Meruntuhkan Kekuatan Tulangmu


Siapa sih yang bisa menolak soda cuek di tengah teriknya siang? Nonton film dan kumpul bareng sobat rasanya juga lebih seru kalau ditemani minuman bersoda. Tapi, tahukah Teman Sehat kalau minuman bersoda mempunyai imbas negatif terkait kesehatan tulang?


Di balik kesejukan soft drink, terdapat dua hal yang kuat bagi kesehatan. Pertama, kandungan gulanya yang tinggi menyebabkan minuman ini tinggi kalori tapi rendah vitamin dan mineral. Dengan alasan ini, minuman bersoda harus dibatasi sebab bisa menyebabkan obesitas dan penyakit tidak menular menyerupai diabetes. Kedua, minuman bersoda mengandung fosfor, yang bila terlalu banyak dikonsumsi bisa mengganggu absorpsi kalsium yang penting untuk kepadatan tulang.


3. Minum minuman beralkohol dan tinggi kafein


Alkohol bisa mempercepat pengeroposan tulang dan mengurangi kemampuan badan dalam menyerap kalsium. Sedangkan kafein bisa meningkatkan risiko kehilangan kalsium dari badan sebab imbas buang air kecil yang berlebihan. Mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang, contohnya 2-3 cangkir kopi setiap hari masih tergolong aman, asalkan diet sehari-hari Teman Sehat mangandung kalsium yang cukup.


4. Kurang mengonsumsi buah dan sayur


 Punya tulang yang sehat dan kuat merupakan anugerah sekaligus investasi di hari renta Kebiasaan Berikut Bisa Meruntuhkan Kekuatan Tulangmu


Tahukah Teman Sehat bahwa menurut data Riskesdas 2018 sebesar 95.4% penduduk Indonesia kurang mengonsumsi sayur dan buah? Kandungan serat yang tinggi dalam sayur dan buah tenyata penting untuk menjaga kepadatan tulang. Serat memainkan peranan penting dalam absorpsi kalsium. Selain itu, sayur dan buah kaya akan vitamin dan mineral serta fitokemikal yang membantu melindungi badan dari banyak sekali penyakit, termasuk osteoporosis. Buah dan sayur yang tinggi akan magnesium, potasium, serta vitamin C/K/A, penting untuk menjaga kesehatan tulang.


Nah, apakah kebiasaan-kebiasaan tersebut ada di kamu? Jika ya, yuk secara perlahan-lahan mulai merubah gaya hidup dan apa yang kita makan! Karena menjaga kesehatan tulang yaitu investasi yang harus kita mulai semenjak dini.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kebiasaan Berikut Dapat Meruntuhkan Kekuatan Tulangmu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel