Sering Dipilih, 3 Minuman Ini Ternyata Dapat Sebabkan Gangguan Mental

Halo, Teman Sehat! Apa minuman favorit kamu? Tentunya ada begitu banyak jenis minuman yang digemari masyarakat, mulai dari minuman cuek sampai minuman panas. Teh, kopi, susu, minuman cokelat, minuman buah, dan minuman elok ialah beberapa pola minuman yang masuk dalam list teratas yang banyak dikonsumsi.


 Tentunya ada begitu banyak jenis minuman yang digemari masyarakat Sering Dipilih, 3 Minuman Ini Ternyata Bisa Sebabkan Gangguan Mental


Berbagai jenis minuman tersebut tentu sah-sah saja untuk dipilih. Tapi, tahukah Teman Sehat bahwa ada beberapa jenis minuman yang cukup banyak disukai, namun kalau dikonsumsi berlebihan justru bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan mental? Penasaran?


Minuman dan pengaruhnya pada kesehatan mental


Beberapa jenis minuman yang sering dikonsumsi masyarakat mengandung beberapa zat atau senyawa yang bisa memengaruhi kerja otak. Hal ini akan meningkatkan risiko terjadinya gangguan mental. Kondisi tersebut ditengarai dengan adanya beberapa tanda seperti:



  • Gangguan tidur

  • Munculnya rasa cemas berlebihan

  • Adanya rasa kecanduan pada minuman tertentu


Dalam jangka panjang, hal itu bisa menggangu produksi hormon untuk otak dan fungsi sel atau membran sel otak.


Jenis minuman yang bisa mengganggu kesehatan mental


Berikut beberapa jenis minuman yang kalau dikonsumsi berlebihan dan terlalu sering bisa mengakibatkan gangguan pada mental:



  • Minuman berkafein


 Tentunya ada begitu banyak jenis minuman yang digemari masyarakat Sering Dipilih, 3 Minuman Ini Ternyata Bisa Sebabkan Gangguan Mental


Kafein yang cukup tinggi kandungannya pada kopi, minuman bersoda, dan minuman cokelat merupakan salah satu zat yang bisa menganggu kesehatan mental. Mengapa?Kafein telah terbukti sanggup memblokade acara adenosine pada saraf transmiter di otak. Hal ini bisa mengakibatkan badan ngga merasa lelah, yang pada jadinya mengganggu waktu tidur.


Gangguan tidur yang berlangsung cukup usang bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan mental. Perubahan pada fungsi otak juga akan terjadi lantaran otak telah kecanduan zat kafein. Kondisi ini meningkatkan risiko munculnya rasa cemas berlebih. Selain itu, peningkatkan detak jantung, tekanan darah tinggi, dan gangguan pada pencernaan juga semakin tinggi risikonya pada pencandu kopi.



  • Minuman tinggi gula


Sebuah studi yang dilakukan oleh Oslo Health Study pada 2006, menawarkan bahwa cukup umur yang tidak mengonsumsi minuman tinggi gula, mempunyai risiko stres lebih rendah dan total skor kesehatan mental yang lebih baik, dibandingkan dengan cukup umur yang sering mengonsumsi minuman tinggi gula. Kondisi ini disebabkan konsumsi minuman tinggi gula bisa mengurangi level zat kimia, yaitu brain-derived neurotrophic factor/BDNF, yang penting untuk mendukung kesehatan otak dan mental. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan otak dalam segi kognitif dan daya ingat akan menurun.



  • Minuman dengan tambahan buatan


 Tentunya ada begitu banyak jenis minuman yang digemari masyarakat Sering Dipilih, 3 Minuman Ini Ternyata Bisa Sebabkan Gangguan Mental


Salah satu pola minuman dengan tambahan buatan yang cukup sering dipilih ialah minuman bersoda. Selain mengandung tambahan buatan, kandungan gula yang ada pada  minuman bersoda juga cukup tinggi. Sebuah studi terbaru ditahun 2018 pertanda bahwa minuman bersoda bisa menjadikan imbas samping yang mengarah pada stroke dan demensia. Kualitas dan durasi tidur juga dipengaruhi oleh jenis minuman yang satu ini. Serta Natrium Benzoat (pengawet) yang terkandung di dalamnya juga besar lengan berkuasa pada daya ingat dan saraf motorik, khususnya pada anak dengan ADHD.


Nah, itu beliau 3 jenis minuman yang cukup sering dipilih namun ternyata bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan mental. Untuk itu, Teman Sehat harus bijak dan bisa mengontrol porsi dan frekuensi sebelum mengonsumsi minuman berkafein, minuman tinggi gula dan minuman berpemanis buatan, ya!


Editor & proofreader: Fhadilla Amelia, SGz


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Sering Dipilih, 3 Minuman Ini Ternyata Dapat Sebabkan Gangguan Mental"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel