Yuk, Kenal Lebih Erat Dengan Pm 2.5!

Halo Teman Sehat! Akhir-akhir ini media nasional maupun internasional kerap mengangkat gosip buruknya kualitas udara di Jakarta. Masyarakatpun mulai sadar dan cemas dengan kondisi ini. Air quality index yang menjadi standar pengukuran polusi udara, belakangan kerap berada di angka 170, yang menerangkan kualitas udara yang tidak sehat. Apakah kau mulai mencicipi dampaknya?


akhir ini media nasional maupun internasional kerap mengangkat gosip buruknya kualitas ud Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan PM 2.5!


Apa itu PM 2.5?


Jika Teman Sehat sering membuka website air quality index, maka akan ditemui PM 2.5. Apa sih PM 2.5? PM 2.5 (particulate matter) merupakan partikel yang berisi adonan dari padatan dan cairan yang mengalir di udara. Partikel ini mempunyai diameter <2.5 mm, yang mana hanya 3% dari diameter rambut manusia. Bisa kebayang kan betapa kecilnya partikel ini.


Lantas, kenapa dengan PM 2.5?


Selain PM 2.5 ada juga PM 10 yang mempunyai diameter ≤10 mm. Namun demikian, PM 2.5 lah yang paling berbahaya. Partikel super kecil ini dapat menjadikan imbas kesehatan yang serius alasannya yakni dapat masuk lebih dalam sampai ke jaringan paru-paru bahkan terbawa dalam proses peredaran darah.


akhir ini media nasional maupun internasional kerap mengangkat gosip buruknya kualitas ud Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan PM 2.5!


Adapun imbas kesehatan yang dapat ditimbulkan bila terhirup partikel PM 2.5 yakni maut dini pada orang dengan riwayat penyakit jantung dan paru-paru, serangan jantung, denyut jantung tidak beraturan, asma, penurunan fungsi paru-paru, dan gangguan jalan masuk pernafasan lainnya. Berbahay kan?


Bagaimana mencegah PM 2.5?


Cuaca panas merupakan pemicu meningkatnya PM 2.5 di udara. Oleh alasannya yakni itu, di ketika Indonesia memasuki demam isu kemarau alangkah baiknya Teman Sehat mulai berhati-hati, salah satunya dengan memakai masker ketika berada di luar ruangan dan berkendara. Membatasi kegiatan luar ruangan juga merupakan pilihan bijak, selain terhindar dari PM 2.5 juga terhindar dari paparan sinar UV yang berbahaya.


Saat berada di dalam ruangan pun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama menjaga kebersihan ruangan. Jika ngga punya alat penyaring udara, pastikan kau rutin membersihkan ruangan dari debu-debu yang tidak kasat mata. Tidak merokok di dalam ruangan, menghindari memasak dengan kayu bakar, membatasi penggunaan lilin dan benda-benda yang dibakar lainnya merupakan cara-cara supaya terhindar dari pertikel yang berbahaya ini.


Nah, apakah Teman Sehat sudah paham seputar PM 2.5? Ternyata kesehatan fisik dan lingkungan tidak dapat dipisahkan satu dan lainnya. Untuk sehat secara optimal, kita perlu menjaga kesehatan lingkungan kita dan melindungi faktor-faktor lingkungan yang dapat membahayakan tubuh.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Yuk, Kenal Lebih Erat Dengan Pm 2.5!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel