5 Keseruan Yang Akan Kau Temukan Di Posyandu

Istilah posyandu, biasanya identik dengan anak-anak. Pernyataan ini ngga selalu benar, Teman Sehat. Posyandu merupakan kependekan dari Pos Pelayanan Terpadu yang dibuat sebagai upaya perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial. Nah, untuk lebih mengenal manfaat posyandu, yuk simak 5 hal yang akan kau temukan di posyandu. Let’s check it out!


1. Kesehatan ibu dan anak


Kegiatan posyandu dilakukan untuk menunjang kesehatan ibu dan anak. Bagi ibu hamil kegiatannya meliputi penimbangan berat tubuh dan tinggi badan, pemantauan status gizi, pinjaman imunisasi tetanus, investigasi fundus uteri, dan diadakannya kelas ibu hamil.


 Posyandu merupakan kependekan dari Pos Pelayanan Terpadu yang dibuat sebagai upaya  5 Keseruan yang akan Kamu Temukan di Posyandu


Sementara untuk ibu nifas dan menyusui, akan diberikan penyuluhan dan konseling terkait dengan permasalahan pada masa nifas dan menyusui, serta pinjaman kapsul vitamin A. Nah, aktivitas untuk bayi dan balita di daerah ini yang paling sering diterapkan. Kegiatannya berupa penimbangan berat badan, evaluasi status gizi, penyuluhan dan konseling, imunisasi dan pinjaman vitamin A, dan deteksi dini tumbuh kembang anak.


2. Perilaku hidup higienis dan sehat (PHBS)


Kegiatan posyandu yanng berafiliasi dengan PHBS ada bermacam-macam. Salah satunya yang paling menonjol ialah pencegahan dan penanggulangan diare. Posyandu akan menunjukkan oralit pada penderita diare dan pinjaman zink kalau diharapkan penanganan lebih lanjut.


 Posyandu merupakan kependekan dari Pos Pelayanan Terpadu yang dibuat sebagai upaya  5 Keseruan yang akan Kamu Temukan di Posyandu


Selain itu, kader yang bertugas di daerah ini akan mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Contohnya menyerupai mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, melakukan 3M untuk mencegah demam berdarah, menyebabkan rumah yang bebas asap rokok, dan menganjurkan masyarakat untuk olahraga minimal 30 menit setiap harinya.


3. Keluarga berencana (KB)


Penyuluhan ihwal KB biasanya akan dilakukan oleh bidan atau kader kesehatan di posyandu. Selain itu, juga ada pelayanan berupa pinjaman kondom, suntikan KB atau jenis KB lainnya menyerupai IUD dan implant.


4. Pemberian Imunisasi


Imunisasi sanggup dilakukan di daerah ini atau pelayanan kesehatan lainnya, loh! Imunisasi yang diberikan diubahsuaikan dengan usia anak dan kebutuhan ibu. Bagi anak, imunisasi yang diterima sebaiknya memenuhi imunisasi dasar dan lanjutan biar kekebalan tubuh anak lebih optimal. Imunisasi yang diberikan meliputi imunisasi Hepatitis B, BCG, Polio, DPT, Campak, IPV, TD, dan Tetanus.


5. Pelayanan Gizi


Asupan zat gizi merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas bagi ibu dan anak di posyandu. Di posyandu, bayi dan balita akan dilakukan pengukuran status gizi secara rutin. Terdapat 7 meja yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda. Meja pertama berfungsi sebagai pendaftaran, sedangkan meja ke dua untuk penimbangan.


 Posyandu merupakan kependekan dari Pos Pelayanan Terpadu yang dibuat sebagai upaya  5 Keseruan yang akan Kamu Temukan di Posyandu


Selanjutnya meja ke tiga untuk pencatatan hasil penimbangaan pada KMS dan meja ke empat akan dilakukan penyuluhan dari hasil penimbangan. Pada meja ke lima akan dilakukan pelayanan kesehatan, meja ke enam untuk penyuluhan ketahanan pangan yang menyediakan hasil kebun warga setempat, dan pada meja terakhir akan ditampilkan hasil karya daur ulang warga.


Wah, ternyata seru juga ya, mengunjungi posyandu Teman Sehat! Selain itu, banyak juga kegiatannya yang bermanfaat, loh! Mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk tiba ke posyandu untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Jangan lupa share artikel ini ke orang sekitar kau dan berikan komentar di bawah ini, ya!


Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Keseruan Yang Akan Kau Temukan Di Posyandu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel