Apa Sih, Binge Eating?

Teman Sehat, kau pernah dengar ngga istilah ‘ngga sanggup berhenti makan’? Yap, mungkin sebagian dari kau mengaggap hal ini cuma mitos saja. Padahal benar ada, loh! Bukan cuma alasan untuk menjustifikasi kerakusan seseorang. Tapi tahukah kamu? Bahwa ada suatu kondisi faktual yang mengakibatkan seseorang ngga sanggup berhenti makan, keadaan ini disebut dengan Binge Eating. Apa  sih, Binge Eating?  Yuk, simak penjelasannya di sini!


Apa itu Binge Eating?


Binge eating merupakan suatu keadaan seseorang yang nggak sanggup mengontrol waktu mengonsumsi makanannya. Keadaan ini merupakan suatu ketidaknormalan psikologis yang memungkinkan seseorang memiliki ‘jendela’ atau waktu makan yang ngga terduga.


 mungkin sebagian dari kau mengaggap hal ini cuma mitos saja Apa sih, Binge Eating?


Seseorang dengan keadaan ini, bisa makan tanpa dikontrol dengan jumlah masakan yang sangat banyak dan ngga berusaha melaksanakan perlawanan terhadap tubuhnya, menyerupai berusaha memuntahkannya kembali atau berolahraga. Sehingga, berat tubuh nya akan naik drastis dan menjadikan self hatred  atau kebencian terhadap diri sendiri.


Inilah gejalanya!


 mungkin sebagian dari kau mengaggap hal ini cuma mitos saja Apa sih, Binge Eating?


Binge eating merupakan jenis eating disorder yang paling banyak diderita. Sebanyak 1 dari 35 orang dewasa, atau sekitar 2,8% menderita eating disorder ini. Tanda seorang mengalami keadaan ini adalah:



  • Makan sangat cepat dengan jumlah yang banyak sekaligus

  • Tetap makan dikala sudah kenyang atau dikala tidak lapar

  • Merasa bersalah sebab makan terus menerus

  • Berlangsung sekali seminggu selama 3 bulan

  • Makan dengan cara sembunyi-sembunyi


Apa ya, penyebabnya?


 mungkin sebagian dari kau mengaggap hal ini cuma mitos saja Apa sih, Binge Eating?


Pada dasarnya, keadaan ini berasal dari keadaan psikologis yang kurang sehat. Meskipun penyebabnya berasal dari banyak faktor, tapi sebuah penelitian menyebutkan bahwa kombinasi antara imbas sosial terkait kebiasaan makan, pengalaman masa kecil, dan kecanduan masakan yaitu salah satu penyebabnya. Nah, untuk itu salah satu langkah awal penyembuhan keadaan ini yaitu dengan terapi psikologis.


Pada keadaan normal, waktu makan seseorang yaitu 3 kali makan besar dan 2 kali masakan ringan. So, Teman Sehat bila hal ini terjadi pada orang terdekat kamu, ingatkan dan ajaklah mereka untuk memulai teladan makan yang baik. Jika hal ini ngga berhasil, kau sanggup membantunya pergi ke terapis untuk menuntaskan problem ini. Jangan anggap rendah problem ini, ya!


Yuk bagikan artikel ini ke orang terdekat kau dan jangan lupa berikan pendapatmu mengenai binge eating, di kolom komentar ya!


Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apa Sih, Binge Eating?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel