Hari Membawa Bekal Nasional, Apa Aja Yang Harus Kau Tahu?

Halo Teman Sehat! Tahukah kau bahwa setiap tanggal 12 April diperingati sebagai hari membawa bekal nasional? Sejak tahun 2013, Kementrian Kesehatan, Kementrian Pendidikan, BPOM, dan perusahaan multi-nasional asal Amerika mencanangkan setiap tanggal 12 April sebagai hari membawa bekal nasional. Menarik bukan?


 April diperingati sebagai hari membawa bekal nasional Hari Membawa Bekal Nasional, Apa Aja yang Harus Kamu Tahu?


Teman Sehat niscaya sering mendengar masalah diare, tipes, atau muntaber yang terjadi pada bawah umur akhir kebiasaan jajan sembarangan. Kegiatan membawa bekal dari rumah, khususnya bagi anak sekolah, merupakan salah satu cara untuk meminimalisir meningkatnya penyakit menular tersebut. Tentunya, masakan yang dibawa dari rumah lebih terjamin kebersihan, kandungan gizi, serta keamanannya.


Kebiasaan membawa bekal juga sanggup menjauhi kita dari risiko penyakit tidak menular (PTM). Kemenkes RI merekomendasikan pemenuhan gizi seimbang melalui agenda “Isi Piringku”. Nah, jangan hingga asal-asalan dalam membawa bekal! Teman Sehat harus memastikan semua kelompok masakan berikut ada dalam kotak bekal:


 April diperingati sebagai hari membawa bekal nasional Hari Membawa Bekal Nasional, Apa Aja yang Harus Kamu Tahu?



  • Makanan pokok


Untuk sumber materi masakan yang satu ini niscaya udah ngga abnormal lagi bagi Teman Sehat. Makanan pokok ibarat nasi, kentang, ubi, mie, dll merupakan sumber karbohidrat yang akan menjadi pemasok energi bagi tubuh. So, jangan hingga terlewatkan ya!



  • Lauk-pauk


Lauk pauk terdiri dari sumber hewani dan nabati. Alangkah baiknya Teman Sehat sanggup mengombinasikan kedua jenis lauk-pauk ini disetiap makan. Sebagai sumber protein/asam amino, lauk pauk berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan sel-sel tubuh.



  • Buah dan sayur


Buah dan sayur menyediakan aneka macam mikronutrien (vitamin dan mineral) untuk menjalankan fungsi optimal tubuh. Makin berwarna sayur dan buah dalam bekal Teman Sehat maka semakin baik alasannya ialah mengandung mikronutrien yang beragam. Nah, zat gizi ini yang bakal bikin kau lebih semangat, sehat, dan ceria!


Supaya acara membawa bekal lebih aman, nyaman, dan menyenangkan, Yuk, simak tips-tips membawa bekal berikut!



  • Pilih kotak bekal yang aman


Pada produk yang berbahan dasar plastik biasanya terdapat kode 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7. Sebaiknya Teman Sehat menghindari penggunaan wadah yang berlabel 3, 6, dan 7. Wadah 1, 2, 4, dan 5 merupakan wadah yang kondusif untuk menyimpan masakan dan minuman.



  • Dinginkan semua materi masakan terlebih dahulu


Makanan panas yang terperangkap dalam kotak bekal akan menimbulkan uap sehingga masakan pun akan menjadi lembek dan berair



  • Jangan menyatukan semua makanan


Memasukan semua masakan menjadi satu dalam kotak bekal bukan merupakan inspirasi yang bagus. Selain mengganggu estetika, hal ini juga menciptakan rasa dari masakan menjadi ngga karuan. Alangkah baiknya Teman Sehat memasukan lauk/sayur ke wadah-wadah kecil semoga tidak tercampur.



  • Buah tertentu sebaiknya tidak dipotong


Buah ibarat apel atau pir yang biasanya menjadi favorite ketika membawa bekal sebaiknya dibawa secara utuh atau dipotong seketika akan dimakan.



  • Membuat siklus menu


Membawa materi masakan yang itu-itu saja tentunya akan membosankan dan sanggup berujung pada menurunnya nafsu makan. Nah, menciptakan siklus sajian merupakan inspirasi manis buat mengatasi duduk masalah yang satu ini!


Nah, itu lah beberapa gosip seputar acara membawa bekal yang perlu Teman Sehat ketahui. Yuk, share juga pengalaman kau dalam membawa bekal dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Hari Membawa Bekal Nasional, Apa Aja Yang Harus Kau Tahu?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel