Yuk, Ketahui Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil!

Halo Teman Sehat! Kali ini kita akan membahas salah satu topik menarik ialah wacana berpuasa bagi ibu hamil, penasaran? Pada dasarnya, ngga menutup kemungkinan bagi seorang ibu hamil untuk menjalankan ibadah puasa tanpa mengganggu kesehatan si ibu maupun janin.


 Kali ini kita akan membahas salah satu topik menarik ialah wacana berpuasa bagi ibu hami Yuk, Ketahui Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil!



Tahukah kamu? Walaupun ibu hamil mempunyai kelonggaran untuk tidak berpuasa, intinya ibadah ini masih bisa dilakukan kalau kondisi tubuh ibu, kandungan, dan janin yang dikandung sehat. Jika ibu hamil mempunyai berat tubuh yang normal, gaya hidup yang baik, serta memperoleh nutrisi yang cukup, maka berpuasa tidak akan banyak besar lengan berkuasa terhadap janin, sebab tubuh ibu hamil tetap sanggup memenuhi nutrisi yang diharapkan janinnya.



Karena kehamilan merupakan suatu kondisi yang spesial, maka diharapkan tips & trick khusus dalam menjalankan ibadah puasa bagi ibu hamil. Yuk, cari tahu!


1. Penuhi asupan kalori


Penambahan berat tubuh secara terencana merupakan salah satu poin penting ketika kehamilan. Selama kehamilan, si ibu mempunyai kebutuhan gizi dan kalori yang berbeda di setiap trisemesternya. Wanita dengar barat tubuh normal membutuhkan tambahkan kalori sebesar 300 kkal di trimester II&III. Jumlah total kalori yang harus diasup ibu hamil berkisar 2000-2500 kkal/hari.


2. Konsumsi masakan sumber zat besi, asam folat, dan kalsium


 Kali ini kita akan membahas salah satu topik menarik ialah wacana berpuasa bagi ibu hami Yuk, Ketahui Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil!


Ibu hamil yang menjalankan ibadah puasa harus memenuhi asupan nutrisi yang terdiri dari zat besi, asam folat, dan kalsium. Hampir 50 persen ibu hamil mengalami anemia dan beresiko mengalami perdarahan oleh sebab itu asupan zat besi sangatlah penting. Asupan asam folat juga harus diperhatikan untuk menghindari risiko anak lahir dengan kondisi cacat. Selain itu, ibu hamil memerlukan asupan kalsium untuk pertumbuhan  dan perkembangan janin. Teman Sehat sanggup cek seputar gizi ibu hamil di sini!


3. Hindari stres selama berpuasa


Ibu hamil perlu tetap damai dan hindari stres selama berpuasa. Perlu diketahui bahwa ibu hamil yang berpuasa memiliki hormon stres (hormon kortisol) yang lebih tinggi dan sanggup berefek jelek terhadap kesehatannya dan janinnya.


4. Batasi konsumsi yang manis-manis


Batasi masakan yang anggun sebab sanggup menciptakan kadar gula darah naik dan turun dengan cepat. Perubahan kadar gula darah yang terlalu cepat sanggup menjadikan lemas dan pusing.


5. Cukupi kebutuhan cairan tubuh


 Kali ini kita akan membahas salah satu topik menarik ialah wacana berpuasa bagi ibu hami Yuk, Ketahui Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil!


Tetap cukupi kebutuhan air minum per hari, ialah sekitar 1,5-2 liter masing-masing pada ketika sahur dan berbuka. Hindari minum minuman berkafein, menyerupai teh dan kopi, sebab berisiko menyebabkan dehidrasi.


6. Tetap waspada terhadap kondisi kesehatan


Ibu hamil yang berpuasa perlu mewaspadai tanda-tanda dari kondisi yang mungkin membahayakan janin, menyerupai pusing, demam, muntah, lemas, lelah, bibir kering, atau merasa sangat haus. Berbagai tanda-tanda tersebut sanggup mengambarkan ibu hamil mengalami dehidrasi. Selain itu, waspadai juga kalau terdapat penurunan berat tubuh pada ibu hamil yang berpuasa, berkurangnya gerakan janin dalam kandungan, serta rasa nyeri pada perut seperti kontraksi. Jika mengalaminya, ibu hamil perlu segera memeriksakan diri ke rumah sakit.


Teman Sehat, itulah tips-tips yang sanggup dilakukan selama berpuasa bagi ibu hamil. Jika kau punya pengalaman terkait topik ini, boleh banget di share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!


Editor & proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Yuk, Ketahui Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel