Apakah Penderita Lupus Sanggup Berpuasa?

Halo Teman sehat! Pernakah kau mendengar ihwal penyakit lupus? Lupus yakni peradangan (inflamasi) kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan badan yang menyerang sel, jaringan, dan organ badan sendiri. Lupus sanggup menyerang aneka macam penggalan dan organ badan menyerupai kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak, dan sumsum tulang belakang. Pada kondisi normal, sistem imun akan melindungi badan dari infeksi. Tapi, pada penderita lupus sistem imun justru menyerang tubuhnya sendiri.


 Pernakah kau mendengar ihwal penyakit lupus Apakah Penderita Lupus sanggup Berpuasa?


Saat ini, umat Muslim sedang menjalankan ibadah dibulan Ramadhan. Teman Sehat niscaya bertanya-tanya, apakah penderita lupus boleh berpuasa? Yuk, cari tahu!


Ternyata…


Tahukah kau bahwa penderita lupus justru disarankan untuk melakukan puasa? Pemicu kambuhnya penyakit lupus yakni meningkatnya imunitas atau sistem kekebalan di dalam tubuh. Pada dikala berpuasa, sistem imun akan menurun, sehingga penderita lupus akan merasa tubuhnya lebih sehat dan fit.


Yuk, ketahui tips berpuasa bagi penderita lupus!



Makanan yang mengandung tinggi garam meningkatkan risiko terkena hipertensi dan penyakit jantung. Oleh lantaran itu, membatasi kuliner yang asin-asin dan sumber Natrium yakni salah satu poin penting. Alternatifnya, untuk menambah cita-rasa pada makanan, gantilah garam dengan bawang putih atau lada. Bahan-bahan lainnya menyerupai lemon dan aneka macam rempah-rempah juga ngga kalah andal dalam melezatkan makanan.



  • Mengonsumsi kuliner kaya zat besi


 Pernakah kau mendengar ihwal penyakit lupus Apakah Penderita Lupus sanggup Berpuasa?


Penderita lupus disarankan untuk memperbanyak asupan kuliner kaya zat besi seperti sayur-sayuran hijau, hati sapi dan ikan. Hal ini untuk mengurangi tanda-tanda anemia yang kerap melanda para penderita lupus.



  • Perbanyak konsumsi ikan!


 Pernakah kau mendengar ihwal penyakit lupus Apakah Penderita Lupus sanggup Berpuasa?


Ikan merupakan materi kuliner yang kaya akan omega 3. Omega 3 pada ikan mengandung zat anti inflamasi alami yang sangat bermanfaat bagi penderita lupus lantaran sanggup mengurangi pembengkakan atau peradangan yang diakibatkan oleh penyakitnya.



  • Tidak beraktivitas secara berlebihan


Selama berpuasa, penderita lupus dianjurkan untuk melaksanakan kegiatan harian secara santai dan ngga berlebihan. Jika memungkinkan, kurangi aktifitas dan perbanyak beristirahat. Hal ini dikarenakan durasi istirahat sangat penting demi menjaga kestabilan badan penderita lupus. Jika contoh istirahat gagal diperoleh, maka sanggup menurunkan kesehatan penderita lupus ketika puasa.


Nah, kini Teman sehat udah ngga ingin tau lagi kan seputar berpuasa bagi penderita lupus? Jangan lupa share info ini ke keluarga dan sobat kau ya! Selamat berpuasa.


Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apakah Penderita Lupus Sanggup Berpuasa?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel