5 Tips Menjalankan Puasa Dengan Asyik!

Halo, Teman Sehat! Selamat menunaikan ibadah puasa 1440 H! Gimana puasa perdana kau hari ini? Semoga tetap semangat menjalankan akltivitas ya, selama berpuasa! Ingat loh, berpuasa bukan berarti kau bermalas-malasan tapi kau sanggup beraktivitas menyerupai biasa dan mendapatkan pahala dari ibadah yang dijalankan. Oh iya, supaya kau ngga lemas selama berpuasa, yuk simak 5 tips semoga puasa kau tetap asyik. Let’s check it out!


1. Jangan skip sahur


Saat berpuasa, kau ngga akan mendapatkan asupan masakan dan minuman selama hampir 12 jam. Tubuh akan mendapatkan energi dari masakan yang diubah menjadi gula di dalam darah. Jika jumlahnya ngga mencukupi, maka badan akan memakai lemak sebagai sumber energi.  Nah, alasannya ialah itulah penting buat kau untuk melaksanakan sahur sebelum berpuasa.


     Semoga tetap semangat menjalankan akltivitas ya 5 Tips Menjalankan Puasa dengan Asyik!


Jadi dikala sahur, konsumsilah masakan yang menjadikan kau ngga gampang lapar menyerupai sumber karbohidrat kompleks, kaya serat dan protein. Karbohidrat kompleks dan kaya serat, menyerupai beras merah, roti gandum, oats, dan biji-bijian (multi grain), akan lambat dicerna oleh tubuh, sehingga kau ngga gampang lapar. Makanan kaya akan protein menyerupai tempe, tahu, daging, telur, yoghurt juga perlu dikonsumsi semoga energi kau tetap tersedia.


2. Cukupi kebutuhan hidrasi harian mu


Selama kurang lebih 12 jam, kau ngga akan mendapatkan asupan cairan. Padahal hampir 99% badan kau berisikan cairan. Jika kebutuhannya ngga terpenuhi, badan akan kekurangan cairan (dehidrasi) dan akan mengganggu kerja tubuh, menyerupai kehilangan fokus dan pusing. Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, biasanya untuk orang cukup umur kebutuhannya 8 – 12 gelas per harinya.


 Semoga tetap semangat menjalankan akltivitas ya 5 Tips Menjalankan Puasa dengan Asyik!


Cara mengatur asupannya yaitu, konsumsilah air putih sebelum sahur setengah atau sepertiga dari jumlah cairan yang dibutuhkan. Saat berbuka puasa, cobalah mengonsumsi air putih atau minuman yang mengandung gula untuk mengganti energi yang hilang atau buah dengan kandungan air yang tinggi. Jangan lupa, sebelum tidur lengkapi kebutuhan cairan mu dengan mengonsumsi air putih sejumlah yang dibutuhkan.


3. Kurangi beberapa konsumsi ini!


Godaan hidangan masakan berbuka puasa menyerupai gorengan, gulai atau minuman hambar berkafein terkadang ngga sanggup kau hindari. Padahal mengonsumsi ketiga masakan ini, sanggup mmengurangi asupan zat gizi yang kau butuhkan sesudah seharian berpuasa.


 Semoga tetap semangat menjalankan akltivitas ya 5 Tips Menjalankan Puasa dengan Asyik!


Gorengan kaya akan lemak tetapi mempunyai kandungan zat gizi yang rendah. Sedangkan minuman berkafein mempunyai sifat diuretik atau menarik cairan tubuh, sehingga menciptakan kau gampang pipis dan kehilangan cairan tubuh. So, mulailah mengurangi konsumsi kedua masakan ini, ya!


4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur


 Semoga tetap semangat menjalankan akltivitas ya 5 Tips Menjalankan Puasa dengan Asyik!


Konsumsi buah dan sayur dikala sahur, akan menciptakan kau ngga gampang lapar. Hal ini dikarenakan keduanya kaya akan serat dan lebih lambat dicerna oleh tubuh. Konsumsi keduanya dikala berbuka puasa, selain baik untuk pencernaan, gula alami yang terkandung di dalamnya sanggup menggantikan energi yang hilang dikala berpuasa.


5. Tetap berolahraga


 Semoga tetap semangat menjalankan akltivitas ya 5 Tips Menjalankan Puasa dengan Asyik!


Puasa ngga menghalangi kau untuk beraktivitas, loh! Justru kau harus tetap beraktifitas untuk melatih otot-otot tubuh. Lakukan olahraga ringan menyerupai joging, yoga atau olahraga favorit kau 2-3 jam sesudah sahur. Tapi ingat ya, jangan berlebihan danmenyebabkan kau batal puasa.


Teman Sehat, itulah 5 tips yang sanggup kau lakukan ada puasa jadi lebih asyik. Jangan lupa terapkan teladan hidup sehat dan atur diet masakan kamu. Tetap sehat selama bulan puasa, ya!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Menjalankan Puasa Dengan Asyik!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel