Selamat Hari Madu Se-Dunia! Yang Mana Madu Favoritmu?

Halo Teman Sehat! Tahukah kau bahwa setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai hari madu sedunia? Pada tanggal inilah spesialis apiculture (pemeliharaan lebah) berjulukan Anton Jansa berkebangsaan Slovenia terlahir. Negara-negara anggota PBB menyetujui setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai World Bee Day, salah satunya untuk mengakui tugas lebah dalam penyerbukan dan pelestarian ekosistem.


 Mei diperingati sebagai hari madu sedunia Selamat Hari Madu se-dunia! Yang Mana Madu Favoritmu?


Apakah Teman Sehat penyuka madu? Ternyata, madu sangat banyak jenisnya loh! Warna dan rasa madu tergantung pada nektar bunga yang dihisap oleh si lebah. Mulai dari tidak berwarna sampai coklat tua, mulai dari rasa yang ringan sampai pekat, jenis madu sangat beragam. Yuk, cari tahu beberapa jenis madu yang paling terkenal di Indonesia!


1. Madu kopi


Madu yang berwarna hitam ini dihasilkan oleh lebah yang menghisap nektar dari bunga kopi. Selain warnanya yang pekat, sekilas akan tercium aroma kopi pada madu tersebut. Yang ngga kalah penting, madu jenis ini kaya akan banyak sekali jenis vitamin.


2. Madu hutan Sumatera


Pulau Sumatera dengan rimbun hutannya merupakan habitat alami bagi banyak sekali jenis tumbuhan dan fauna. Tak heran jikalau pulau ini menjadi salah satu penghasil madu terbesar di Indonesia. Jenis madu hutan Sumatera dikenal mempunyai banyak sekali khasiat menyerupai sebagai antibiotik alami dan mengobati banyak sekali macam penyakit.


3. Madu hutan Timor


Madu ini berasal dari tanah Nusa Tenggara Timur. Madu yang terkenal di kalangan wisatawan ini mempunyai kualitas terbaik ke-3 di dunia sesudah Yunani dan Australia. Untuk mendapatkannya ngga gampang, alasannya hanya terdapat di pepohonan tinggi di pedalaman pulau Timor.


4. Madu hutan Kalimantan


Sebagai paru-paru dunia, Kalimantan juga menghasilkan banyak sekali jenis madu. Madu khas hutan Kalimantan ini mempunyai ciri khas tidak terlalu kental dan tidak panas.


5. Madu pahit hitam


 Mei diperingati sebagai hari madu sedunia Selamat Hari Madu se-dunia! Yang Mana Madu Favoritmu?


Ternyata ngga selamanya yang berjulukan madu mempunyai rasa bagus loh! Madu ini berasal dari nektar Bunga Mahoni dengan ciri khas warna gelap dan rasa pahit. Madu ini mempunyai khasiat sebagai obat tradisional dan pemanis kesehatan tubuh.


6. Madu hutan


Madu jenis ini memang yang paling terkenal dan dikenal masyarakat. Pada dasarnya madu hutan dihasilkan dari nektar banyak sekali jenis bunga alias berasal dari banyak sekali jenis tumbuhan yang ada dalam suatu hutan. Madu hutan yang terkenal berasal dari Sumatera dengan ciri khas cenderung lebih gelap, agak encer, dan rasanya agak asam.


7. Madu putih


 Mei diperingati sebagai hari madu sedunia Selamat Hari Madu se-dunia! Yang Mana Madu Favoritmu?


Madu putih dibentuk oleh lebah pekerja khusus sebagai masakan bagi bayi lebah dan ratu lebah. Madu ini mengandung lebih banyak royal jelly ketimbang madu utama, sehingga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi penyakit maag, dll.


8. Madu rambutan


Madu jenis ini dihasilkan oleh peternakan lebah yang disebar di perkebunan rambutan. Madu ini dipercaya mempunyai banyak sekali khasiat menyerupai anti bakteri, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan sistem imun, mengobati maag, dan lain sebagainya.


Sebagai salah satu negara dengan hutan terluas serta keberagaman tumbuhan dan fauna tertinggi, Indonesia menjadi salah satu produsen madu terbaik di dunia. Selain 8 jenis madu di atas, masih banyak lagi jenis-jenis madu dari banyak sekali wilayah di Indonesia. Kalau kau tahu, yuk share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Selamat Hari Madu Se-Dunia! Yang Mana Madu Favoritmu?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel