4 Alasan Mengapa Kau Harus Mengonsumsi Biji-Bijian!

Teman Sehat, akhir-akhir ini mulai banyak yang peduli dengan contoh hidup sehat, menyerupai mulai rutin melaksanakan acara berolahraga dan mengatur contoh makan dengan membiasakan mengonsumsi materi pangan yang segar (fresh food) dan mengurangi konsumsi junk food. Nah, salah satu materi pangan yang sanggup menjadi pilihan untuk kau konsumsi yaitu, biji-bijian.


 


Yap, biji-bijian yang dimaksud yang tergolongan dalam keluarga legum dan biasanya dijual dalam keadaan kering, menyerupai kacang polong, kacang merah, kacang hijau, kacang hitam, dan sebagainya. Jika kau lihat lebih dalam, dengan mengonsumsi materi pangan ini, kau akan mendapat 4 manfaat bagi tubuh, loh! Mau tahu apa aja? So, let’s check it out!


1. Memiliki kadar garam yang rendah


Garam atau natrium merupakan salah satu komponen zat gizi mikro yang diperlukan oleh badan untuk mengatur kadar air di dalam tubuh. Biasanya badan membutuhkan asupan garam sebanyak 2000 mg atau 1 sendok teh per harinya.


akhir ini mulai banyak yang peduli dengan contoh hidup sehat 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengonsumsi Biji-bijian!


Jika kau mengonsumsinya lebih dari itu, akan meningkatkan risiko penyakit hipertensi. Mengonsumsi biji-bijian dalam hidangan makanan, akan minimalisir hal ini, alasannya ialah kandungan garam yang rendah yaitu kurang dari 500 mg per sajian.


2. Sumber protein baik yang berasal dari tumbuhan


Kamu butuh mengonsumsi zat gizi protein setiap harinya, loh! Protein diperlukan untuk menyusun bentuk tubuh, perlindungan sistem imun, sebagai sumber energi, dan sebagainya. Pada orang cukup umur (usia 19-29 th), biasanya asupan protein yang diperlukan sebesar 62 g per hari untuk pria dan 56 g per hari untuk perempuan.


akhir ini mulai banyak yang peduli dengan contoh hidup sehat 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengonsumsi Biji-bijian!


Salah satu sumber protein yang sanggup kau konsumsi, berasal dari biji-bijioan. Yap, berdasarkan artikel yang dirilis oleh FAO (Food and Agriculture Organization), dalam 100 g lentils (sejenis kacang-kacangan) mengandung 25 g protein. Kamu juga sanggup mencampur biji-bijian ini dengan nasi yang akan dikonsumsi untuk menambah asupan protein.


3. Sumber zat besi yang baik


Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh, membentuk hemoglobin pada sel darah merah, dan banyak sekali reaksi enzim di dalam tubuh. Jika kekurangan asupan zat besi, maka badan akan terasa lemas dan kau sanggup terindikasi terkena anemia. Per harinya kau membutuhkan asupan zat besi sebanyak 26 mg (perempuan) dan 13 mg (laki-laki) pada usia 19-64 tahun.


akhir ini mulai banyak yang peduli dengan contoh hidup sehat 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengonsumsi Biji-bijian!


Nah, untuk meminimalisir hal tersebut, kau sanggup mngonsumsi biji-bijian untuk mendapat asupan zat besi. Menurut American Pulse Association, asupan zat besi yang kau dapatkan dari mengonsumsi kacang hitam per satu sajian, akan setara dengan 85 gr daging flank steak.


4. Kaya akan asam folat


Asupan asam folat, ternyata bukan cuma diperlukan oleh ibu hamil (bumil), loh! Seperti yang kau tahu, asam folat diperlukan bumil untuk menghindarinya adanya ketidaksempurnaan janin ketika dilahirkan. Dalam keadaan normal, asam folat juga diperlukan untuk meningkatkan daya ingat, kesehatan kulit dan membangun sel-sel darah yang sehat.


akhir ini mulai banyak yang peduli dengan contoh hidup sehat 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengonsumsi Biji-bijian!


Kebutuhan perharinya yaitu 400 mikrogram (laki-laki usia >19 th), 400-600 mikrogram (perempuan >13 th) dan 600 mikrogram (bumil). Kamu sanggup mendapat asupan asam folat dari biji-bijian ini, alasannya ialah menurut American Pulse Association, kacang chickpeas mengandung 3x asam folat per sajian kalau dibandingkan dengan sayur kale (1 porsi kale = 67 gr kale = 19,4 mikrogram)


Nah, itulah 4 alasan yang sanggup kau jadikan tumpuan untuk mengonsumsi biji-bijian. Yuk, konsumsi bermacam-macam materi pangan, biar kau sanggup mendapat asupan zat gizi yang beragam, Teman Sehat!


Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "4 Alasan Mengapa Kau Harus Mengonsumsi Biji-Bijian!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel